Kamis, 01 Oktober 2020

Apel Hari Kesaktian Pancasila


Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2020 di SD Unggulan Aisyiyah Bantul dilaksanakan di halaman sekolah. Ketua PDM Kabupaten Bantul, Bapak Drs. H. Sahari memimpin apel dengan peserta bapak ibu guru karyawan mengingat para siswa masih melaksanakan pembelajaran daring. Apel dilaksanakan mulai pukul 08.00 dengan peserta terbatas, dengan tetap menjalankan protocol Covid-19.

Pimpinan apel merupakan Ketua PDM Kabupaten Bantul sekaligus Pembina SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Dalam amanat, beliau menyampaikan kepada peserta apel bahwa sebagai bangsa Indonesia kita tidak boleh lupa akan sejarah. Sejarah memberikan banyak pelajaran bagi bangsa ini untuk menatap masa depan yang lebih baik. Dalam sebuah pidatonya, Ir. Soekarno menyampaikan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarahnya.

Pancasila merupakan ideologi bangsa ini, sebagai pedoman dan penuntun moral dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa & bernegara. Penanaman nilai-nilai moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sangat penting dilakukan sejak dini karena nilai-nilai moral Pancasila dalam kebangsaan selaras dengan nilai-nilai Islam dalam keagamaan. Pada akhir amanat beliau menyampaikan sebuah kutipan sebagai berikut: Lawan Lupa, rangkul maaf, bangunkan ingat, bangkitkan belajar, meraih hikmah, langit kelam, tak terulang. Forgiven not forgotten.








 

0 komentar:

Posting Komentar