Senin, 21 September 2020

TANAMKAN SIFAT KEJUJURAN DARI PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) SECARA ONLINE


Pembelajaran Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 di SD Unggulan Aisyiyah Bantul yang dimulai sejak tanggal 13 Juli 2020 tetap berlangsung di tengah wabah Covid-19 di Indonesia. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan secara daring. Tak hanya belajar di rumah, para siswa siswi juga harus menjalani Penilaian Tengah Semester (PTS) secara online di rumah masing-masing. Di sinilah nilai-nilai kejujuran anak benar-benar diuji. Tidak ada pengawasan dari guru saat siswa mengerjakan soal dengan metode dalam jaringan (daring). Hanya bermodal kepercayaan kepada orang tua untuk membantu mengawasi. Ujian secara online di masa pandemi menjadi pengalaman tersendiri bagi siswa dan orang tua.

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) dimulai tanggal 21-28 September 2020 sesuai kalender akademik. Teknis pelaksanaan ujian sangat berbeda ketika sebelum pandemi Covid-19. Sebelum ujian, siswa dan orang tua mendapat pengumuman lewat grup WhatsApp (WA) siswa maupun orang tuanya berupa jadwal Penilaian Tengah Semester (PTS) serta kunci sukses menghadapi PTS. Selain itu selama pelaksanaan PTS Gasal, sekolah menghimbau anak-anak kelas 1-6 agar:

🔖Menyiapkan ruang khusus untuk mengerjakan PTS, sehingga ananda lebih konsentrasi dalam mengerjakan.

🔖 Sarapan terlebih dahulu.

🔖 Memakai seragam sekolah sesuai jadwal ketika mengerjakan PTS.

🔖 Mengerjakan soal secara mandiri, orang tua hanya mendampingi. Bagi siswa kelas 1, soal masih boleh dibacakan.

🔖 Jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal.

🔖 Ambil foto diri saat mengerjakan PTS, kemudian kirim ke guru kelas/pendamping.

Tujuan Penilaian Tengah Semester secara daring ini yaitu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona sehingga seluruh aktivitas yang menimbulkan kerumunan dapat dihindari. Teriring doa untuk seluruh siswa SD Unggulan Aisyiyah Bantul semoga dimudahkan dan dilancarkan mengerjakan PTS Gasal serta mendapatkan hasil yang terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar