Jumat, 18 September 2020

GENERASI SEHAT, GENERASI HEBAT

 

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SD Unggulan Aisyiyah Bantul

Pemberian imunisasi sejak usia dini sangatlah penting untuk pembentukan daya tahan tubuh anak. Imunisasi diberikan dengan tujuan agar anak terhindar dari penyakit di kemudian hari. Imunisasi akan merangsang pembentukan sistem kekebalan tubuh. Dengan terbentuknya sistem kekebalan tersebut maka ketika ada bibit penyakit yang mencoba masuk, tubuh akan melawannya secara otomatis. Inilah pentingnya imunisasi diberikan pada anak agar senantiasa terjaga dan terhindar dari penyakit. Ada berbagai macam pilihan vaksin yang dapat diberikan ketika imunisasi. Misalnya Vaksin Hepatitis B (HB), Vaksin Polio, Vaksin BCG, Vaksin DTP, dan lain-lain sesuai dengan fungsi dan manfaat masing-masing.

SD Unggulan Aisyiyah Bantul telah menyelenggarakan imunisasi MR bagi kelas 1 serta imunisasi HPV bagi siswi kelas 5 dan 6 (Kamis, 17/9). Mengingat adanya pandemi Covid-19, imunisasi dilaksanakan dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat. Prosedur yang dilakukan meliputi: (1) Wali dan siswa datang ke SDUA; (2) Cuci tangan dengan sabun; (3) Pengecekan dan screening suhu tubuh; (4) Menuju ruang pemberian imunisasi; (5) Setelah imunisasi langsung pulang agar tidak terjadi kerumunan.



          

         


Imunisasi kali ini diadakan dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). BIAS juga diselenggarakan di seluruh sekolah dasar di Indonesia. Kegiatan berlangsung dengan sistem terjadwal dan bergiliran dengan petugas kesehatan dari Puskesmas setempat. Dalam hal ini, SD Unggulan Aisyiyah Bantul bekerja sama dengan Puskesmas Bantul II. Kegiatan berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala.



0 komentar:

Posting Komentar