Sabtu, 08 Februari 2020

PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI KEGIATAN TUBING DIKALI KRASAK JOLONTORO



Pembelajaran tematik tidak harus berada didalam kelas, pembelajaran bisa dilakukan diluar kelas. Salah satunya pembelajaran tematik melalui kegiatan tubing. Model pembelajaran ini sangat diminati dan menyenangkan karena siswa dapat merefresh otak setelah kepenatan selama dikelas. Kegiatan tubing ini dapat dikaitkan dengan pembelajaran yang ada disekolah dengan tema pengenalan lingkungan.

Sebanyak 145 siswa kelas VI sudah berkumpul di Masjid SD Unggulan ‘Aisyiyah bantul sejak pukul 06.30 (6/2). Pembiasaan pagi sebelum belajar tetap dilaksanakan yaitu berdoa,bertadarus dan sholat dhuha sebelum menuju ke lokasi outbound tematik. Kemudian pada pukul 07.30 melakukan perjalanan menuju lokasi outbond. Perjalanan menuju lokasi sekitar 60 menit.

Setelah tiba dilokasi transit, siswa dan bapak ibu guru diberikan waktu untuk persiapan tubing. Diawali dengan mendengarkan arahan oleh pihak pengelola dan pemandu tubing. Kemudian dijelaskan cara menggunakan helm,pelampung dan sepatu karet dengan baik dan benar agar tetap terjaga keamanannya selama kegiatan tubing berlangsung. Setelah itu menuju ke lokasi tubing yang berjarak sekitar 3km dari lokasi transit.


Seluruh peserta tubing menggunakan ban guna menjaga keamanan kemudian mengikuti arus air yang mengalir cukup deras. Terlihat tampak bahagia diraut wajah anak-anak yang bisa bermain air dan bisa mengikuti kegiatan tubing. Suasana alam pedesaan dan air serta bebatuan menjadi sensasi tersendiri bagi anak-anak. 








0 komentar:

Posting Komentar