Sabtu, 07 September 2019

RATUSAN SISWA IKUTI KEGIATAN MANASIK HAJI



Rabu, 4 September 2019 siswa siswi kelas 4 dan 5 mengikuti prosesi manasik haji. Siswa siswi yang ikut manasik haji berjumlah 239 siswa dengan didampingi oleh Guru kelas beserta pendamping.
Prosesi manasik haji diawali dengan pelepasan jama’ah oleh  Bapak H.Hadjam Murusdi, S.U. Dilanjutkan prosesi wukuf di Padang Arafah. Adapun lokasi yang digunakan disebelah utara Kantor DPRD kabupaten Bantul. Setelah itu mereka melaksanakan  tawaf atau keliling ka’bah sebanyak tujuh kali.

Lalu mereka berlari kecil antara bukit Shofa dan Marwa. Ada lempar jumroh,dan prosesi akhirnya ada tahalul (potong rambut) tapi sedikit, lalu minum air zam-zam.
Kegiatan manasik haji merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan 2 tahun sekali di SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Kegiatan ini bekerja sama dengan KBIH kabupaten Bantul. Tujuan dari kegiatan ini untuk menanamkan sikap religius terhadap anak usia dini, sekaligus mengenalkan rukun Islam yang kelima, yakni menjalankan ibadah haji sebagai bekal agar saat dewasa kelak mereka bisa menjalankan rukun Islam yang kelima. Harapannya setelah mengikuti manasik haji ini mereka jadi tahu dan mungkin bisa menabung sejak dini untuk kelak bisa ke tanah suci.





0 komentar:

Posting Komentar