Rabu, 25 September 2019

IKUTI PROGRAM SISTER SCHOOL, 33 SISWA KUNJUNGI TIGA NEGARA


Bukan kali pertama SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul melaksanakan program  Sister School. Program Sister School tahun 2019 adalah kali ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2015. Program ini akan terus dikembangkan dan dilaksanakan reguler setiap 2 tahun dengan berbagai evaluasi agar tahun-tahun berikutnya dapat lebih baik lagi dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaannya.
Untuk tahun 2019 Program ini telah dilaksanakan pada tanggal 16 – 21 September lalu dengan negara tujuan Singapura, Thailand dan Malaysia. Pada hari pertama rombongan singgah di Singapura dan berkunjung ke Gedung Persatuan Muhammadiyah dan Masjid Sultan. Kemudian tujuan berikutnya adalah Southern International School di Hatyai Thailand, AIU International School dan Nuh's Ark Islamic Montessori School di Malaysia.  Para siswa beserta guru juga mengunjungi masjid-masjid dan tempat-tempat yang menjadi ikon di berbagai wilayah selama satu pekan. Jadwal yang padat membuat beberapa siswa sempat mengalami masalah dengan kondisi kesehatan, namun semangat dan antusias para siswa dalam mengikuti kegiatan dapat menjadi support yang luar biasa sehingga semua peserta dapat mengikuti program dengan baik hingga tiba kembali di Indonesia.




Lebih dari sekedar sebagai pertukaran seni budaya, tujuan utama dari program ini adalah pertukaran ilmu dengan  menitikberatkan empati dan peningkatan motivasi para siswa dan pendidik untuk maju dan berkembang dalam menghadapi era globalisasi dan juga revolusi industri 4.0. Oleh karenanya dalam program ini tidak hanya merupakan ajang pentas kesenian, para siswa yang berkunjung diberi kesempatan untuk memahami kebiasaan belajar, semangat dan pola masyarakat setempat dengan lebih baik. Siswa dapat melihat secara langsung lingkungan sekolah, aktivitas belajar, nilai-nilai, maupun gaya hidup siswa di sekolah mitra maupun di lingkungan masyarakat sekitar sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar